Sabtu, 18 Februari 2017

Mari Menabung untuk Tulang Kita!

cara menjaga kesehatan tulang
image by advan.oomph.co.id
Setelah mengenal lebih dekat tentang tulang kita maka tidak ada salahnya jika kita pun juga memperhatikan dan mempertimbangkan masa depan tulang kita. Keuntungan dengan menabung tulang sejak dini tentu saja kita bisa menikmati tulang sehat setidaknya sepanjang hidup kita. 

Mengapa harus dilakukan sejak dini? Mungkin beberapa informasi berikut akan membantu kita agar lebih yakin untuk memulainya, :

1. Berapa usia Anda sekarang? Jika belum memasuki usia 30 tahun maka bersyukurlah Anda. Karena masih memiliki waktu untuk memaksimalkan tabungan tulang Anda. Mengapa sangat penting memperhatikan tabungan tulang sebelum usia 30 tahun? Hal ini tidak lain karena sel-sel pembangun tulang sesungguhnya akan terus bekerja hingga usia 30 tahun. Sel-sel pembangun tulang ini perlu dipancing sejak dini agar nantinya bisa mencapai kepadatan tulang maksimum (peak bone mass) dan kekuatan tulang pun juga terjaga.

2. Ketika kita menabung di bank biasanya kita akan sangat memperhatikan berapa tabungan yang dimiliki dan selalu memperhatikan berapa kali tabungan diambil karena kebutuhan dan nantinya berusaha untuk mengembalikannya agar jumlah investasi untuk masa depan lebih maksimal. Nah, begitu pula saat kita menabung untuk tulang kita. Apabila kita sudah mengetahui bahwasanya sel-sel pembangun tulang bekerja hingga usia 30 tahun maka sebelum usia tersebut  setidaknya kita juga berupaya untuk menjaga debit dan kredit tulang kita. Mengapa? Ya agar kita tetap tampil keren dan sehat hingga usia lanjut.

3. Lalu bagaimana kita menabung tulang? Dan apa yang dibutuhkan untuk investasi tulang? Tentu saja kalsium. Perhatikan makanan dan minuman yang baik untuk tulang kita misalnya susu dan sayur-sayuran. Kemudian perhatikan pulan makanan maupun minuman yang justru menggerogoti kalsium tulang kita misalnya alkohol, kafein dan rokok.

4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium. Sumber kalsium tidak hanya susu tetapi juga sayuran dan ikan, seperti sayuran hijau, buncis, brokoli, kacang kedelai, oatmeal, salmon, sarden, keju, ikan teri, dan sebagainya. Jadi, jika tidak suka susu, jangan khawatir bisa mengonsumsi makanan sumber kalsium jenis lainnya.

5. Rutin berolahraga dan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang tidak bisa diperoleh dari sumber manapun. Vitamin D ini sangat bagus untuk meningkatkan performa penyerapan kalsium sehingga tulang semakin padat dan sehat.

Jangan lupa untuk menjalankan dengan gaya hidup sehat sejak dini dan perlu juga untuk menjaga postur tubuh yang baik, misalnya saat berjalan, duduk, mengetik di depan komputer, dan sebagainya. Bagaimana? Tertarik? Jangan ragu untuk menabung tulang mulai dari sekarang!



Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)